Kebun Raya Purwodadi Fresh dan Indah


Foto by Agus Santoso: Kebun Raya Purwodadi
Ketika libur menjelang tepatnya pada tanggal 24 Agustus 2012, saya dan seseorang terdekat melakukan liburan di Kebun Raya Purwodadi. Lokasi ini kami pilih karena selain tempatnya yang sejuk, kami juga bisa belajar dengan beragam jenis flora disini.
Kebun Raya Purwodadi sendiri didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. L.G.M. Baas Becking. Kebun ini merupakan salah satu dari 3 cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab LIPI singkatan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Luas Kebun Raya Purwodadi sakitar 85 ha, awal mula kebun ini sih dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Dan pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar perkebunraya-an dan dimulai pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti. Kebun Raya Purwodadi berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan Lokasi ini terletak di tepi jalan besar yang menghubungkan 3 kota, yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan.
Foto by Agus Santoso: Jenis tanaman koleksi

Di Kebun Raya Purwodadi terdapat ribuan jenis tanaman koleksi dataran rendah kering, seperti jenis anggrek, polong-polongan, mangga, paku-pakuan, pisang, palem, tanaman obat, serta herbarium dan tanaman berbiji.

Foto by Agus Santoso: Pohon Jati Londo

Salah satu diantaranya pohon Jati londo atau jati belanda sedangkan nama latinya guazuma ulmifolia. Pohon jati ini d tanam di kebun raya purwodadi pada tanggal 10 aprl 1958 meskipun namanya jati, akan tetapi bukan pohon jati yang dipakai untuk membuat rumah. Pohon jati ini termasuk kedalam suku sterculiaceae. Batang pohonnya terlihat kokoh dan mempunyai bunga kecil yng berwarna kuning.Daunya digunakan dalam industri jamu sebagai bahan utama ramuan pelangsing.
Sebagai kenang-kenangan saya dan Rina Elisa mengabadikan moment tersebut

Itu salah satu pengetahuan tentang flora yang kami dapatkan di kebun raya purwodadi yang menyegarkan ini, dan juga memanjakan mata kami dengan berbagai flora yang ada disini. Selain membuat otak kami lebih fresh, banyak Ilmu yang kami dapatkan disini.
Where do you go after this?hahaahah.. pertanyaan itulah yang selalu bergeming dan membuat kami senang sekali untuk berwisata.

 Semoga Bermanfat.


1 komentar:

  1. ihirrr sp tuh yang di sampingya..
    jadi pengen kesana.

    ReplyDelete